kembali lagi ke blog saya, kali ini saya akan membahas tentang:
Pengertian Manusia
Manusia merupakan mahkluk biologis yang tergolong dalam
golongan mahkluk mamalia (biologi). Dalam ilmu-ilmu sosial manusia merupakan
mahkluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap
kegiatan, sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi). Manusia merupakan
mahkluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri(sosiologi).mahkluk yang selalu
ingin mempunyai kekuasaan (politik), mahkluk yang berbudaya, sering disebut
homo-humanus (filsafat) dan lain sebagainya.
Ada dua pandangan yang akan kita jadikan acuan untuk menjelaskan
tentang unsure-unsur yang membangun manusia :
1. Manusia
terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu :
·
Jasad, yaitu : badan kasar manusia yang Nampak pada
luarnya, dapat diraba dan difoto, dan menempati ruang dan waktu
·
Hayat, yaitu : mengandung unsur hidup, yang ditandai
dengan gerak
·
Ruh, yaitu : bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya
yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan pencipta
yang bersifat konseptual yang jadi pusat lahirnya kebudayaan
·
Nafs, yaitu : kesadaran tentang diri sendiri
2. Manusia
sebagai satu kepribadian mengandung tiga unsur, yaitu :
• Id, yang
merupakan struktur kepribaadian yang paling primitif dan paling tidak nampak. Id merupakan libido
murni, atau energy psikis yang menunjukan cirri alami yang irrasional dan
terkait dengan sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses
ketidaksadaran (unconcius). Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri,
tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi
mediator antara insting Id dengan dunia luar.
• Ego,
merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali di bedakan dari
Id, sering kali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena perannya dalam
menghubungkan energy Id kedalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh
oaring lain. Perkembangan ego terjadi antara usia satu dan dua tahun, pada saat
anak secara nyata berhubungan dengan lingkungannya. Ego diatur oleh prinsip realitas,
ego sadar akan tuntunan lingkungan luar, dan mengatur tingkah lau sehingga
dorongan instingtual Id dapat dipuaskan dengan cara yang dapat diterima.
• Superego,
merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia 5
tahun. Dibandingan dengan Id dan Ego, yang berkembang secara internal dalam
diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego
merupakan kesatuan standar-standar moral yang diterima oleh ego dari sejumlah
agen yang mempunyai otoritas di dalam lingkungan luar diri.
Pengertian Hakekat Manusia
• Mahkluk
ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
Tumbuh adalah materi yang dapat dilihat, diraba, dirasa,
wujudnya konkrit tetapi tidak abadi. Jika manusia itu meninggal, tubunhnya
hancur dan lenyap. Jiwa terdapat di dalam tubuh, tidak dapat dilihat,tidak
dapat diraba, sifatnya abstrak tetapi abadi, jika manusia meninggal jiwanya
lepas dari tubuh dan kembali keasalnya yaitu Tuhan, dan jiwa tidak mengalami
kehancuran. Jiwa adalah roh yang ada di dalam tubuh manusia sebagai peenggerak
dan sumber kehidupan.
• Mahkluk
ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahkluk lainnya.
Kesempurnaan terletak pada abad dankebudayaannya, karena
manusia dilengkapi oleh penciptannya dengan akal, perasaan, dan kehendak yang
terdapat dalam jiwa manusia. Dengan akal (ratio) manusia mampu menciptakan ilmu
pengetahuan dan teknologi. Adanya nilai baik dan buruk, mengharuskan manusia
dan mempertimbangkan, menilai dan berkehendakmenciptakan kebenaran, keindahan,
kebaikan atau sebaliknya. Selanjutnya dengan adanya perasaan, manusia mampu
menciptakan kesenian.
Perasaan rohani adalah perasaan luhur yang hanya terdapat
pada manusia misalnya :
- Perasaan intelektual, yaitu perasaan yang
berkenan dengan pengetahuan.
-
Perasaan estetis, yaitu perasaan yang berkenan dengan keindahan
- Perasaan
etis, yaitu perasaan yang berkenan dengan kebaikan
- Perasaan
diri, yaitu perasaan yang berkeknan dengan harga diri karena ada kelebihan dari
yang lain
- Perasaan
sosial, yaitu perasaan yang berkenan dengan kelompok atau hidup bermasyarakat,
ikut merasakan kehidupan orang lain
- Perasaan
religius, yaitu perasaan yang berkenan dengan agama atau kepercayaan
• Mahkluk
biokultural, yaitu mahkluk hayati dan budayawi. Manusia adalah produk dari
saling tindak atu interaksi faktor-faktor hayati dan budayawi. Swebagai mahkluk
hayati, manusia dapat dipelajari dari segi-segi anatomi, fisiologi atau faal,
biokimia, psikobiologi, patalogi, genetika, biodemografi, evolusi biologisnya,
dan kemasyarakatannya, kekerabatan, psikologi sosial, kesenian, ekonomi,
perkakas,bahasa, dan sebagainya.
Kepribadian
Bangsa Timur
Kepribadian Bangsa Timur merupakan suatu karakter yang
mencerminkan masyarakat yang menganut budaya dari Timur (Asia &
Timur-Tengah), yang menunjukkan ke-khasan dan pola pikir dan kebiasaan yang
terdapat di daerah Timur. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan
kepribadian yang mempunyai sifat tepo seliro atau memiliki sifat toleransi yang
tinggi. Dalam berdemokrasi bangsa timur umumnya aktif dalam mengutarakan
aspirasi rakyat. Seperti di negara Korea, dalam berdemokrasi mereka duduk
sambil memegang poster protes dan di negara Thailand, mereka berdemokrasi
dengan tertib dan damai. Kepribadian bangsa timur juga identik dengan tutur
kata yang lemah lembut dan sopan dalam bergaul maupun dalam berpakaian.
Terdapat ciri khas dalam berbagai negara yang mencerminkan
negara tersebut memiliki suatu kepribadian yang unik. Misalnya masyarakat
Indonesia khususnya daerah Jawa. Sebagian besar mereka bertutur kata dengan
lembut dan sopan. Dan terdapat beberapa aturan atau larangan yang tidak boleh
dilakukan menurut versi orang dulu yang sebenarnya menurut orang Jawa itu suatu
nasihat yang membangun. Misalnya tidak boleh duduk di depan pintu. Hal tersebut
merupakan ciri khas kepribadian yang unik. Bangsa timur juga memiliki
kebudayaan yang masih kental dari negara atau daerah masing-masing. Masih ada
adat-adat atau upacara tertentu yang masih dilaksanakan oleh bangsa timur.
Misalnya bangsa Indonesia masih banyak yang melaksanakan upacara-upacara adat
dan tarian khas dari masing-masing daerah. Contohnya daerah Bali yang masih
melaksanakan tarian khas daerahnya yaitu tarian pendet, kecak, tarian barong.
Pengertian Kebudayaan
Sedangkan Pengertian
Kebudayaan menurut Koentjaraningrat yang sebagaimana telah dikutip oleh Budiono
K yaitu menegaskan bahwa, “menurut antropologi, kebudayaan ialah seluruh sistem
gagasan, rasa, tindakan dan karya yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan
masyarakat, yang dijadikan miliknya dengan belajar”. Maka berdasarkan
pengertian tersebut ini berarti bahwa ada pewarisan budaya-budaya leluhur lewat
sebuah proses pendidikan.
Budaya dan kebudayaan
sudah ada ketika manusia berpikir, berkarya dan berkreasi. Bahkan akan
senantiasa menunjukkan mengenai pola pikir dan interpretasi manusia pada
lingkungannya. Dalam kebudayaaan ini pula terkandung nilai-nilai yang dianut
oleh masyarakat setempat dan hal ini menuntun untuk memaksa manusia dalam
berperilaku yang sesuai dengan budayanya. Di antara kebudayaan yang satu dengan
lainnya ternyata mempunyai sebuah perbedaan dalam menentukan nilai-nilai hidup
dan berperan serta pada adat istiadat atau tradisi yang dihormati. Adat
istiadat atau tradisi yang berbeda inilah antara yang satu dengan lainnya tak
dapat dikatakan tentang benar atau salahnya, karena hal ini merupakan sebuah
penilaian yang selalu terikat pada kebudayaan tertentu.
Kebudayaan sangat
berpengaruh besar pada kepribadian seseorang. Dan sebaliknya juga yaitu bahwa
dalam pengembangan kepribadian manusia dibutuhkan kebudayaan dan
kebudayaan ini akan terus berkembang lewat kepribadian tersebut. Jadi
untuk sebuah masyarakat yang maju, yang menjadi kekuatan penggeraknya ialah
individu-individu yang ada di dalamnya. Maka semakin tinggi sebuah kebudayaan
masyarakat akan bisa dilihat melalui karakter, kualitas dan kemampuan
individunya.
Manusia dan kebudayaan
merupakan dua hal yang saling berkaitan erat. Seseorang yang memiliki perilaku
berdasarkan nilai-nilai budaya, terutama nilai moral dan etika maka akan
disebut sebagai manusia yang berbudaya. Kemudian berkenaan pada perkembangan
diri manusia juga tidak bisa terlepas oleh nilai-nilai kebudayaan yang
berlaku. Kebudayaan dan masyarakat mempunyai kekuatan yang mampu dalam
pembentukan dan pengontrolan individu. Bahkan ditambah lagi manusia yang
sebagaimana sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial, sehingga
perkembangan dan perilaku individu cenderung dipengaruhi oleh kebudayaan. Atau
dapat dikatakan juga sebagai peran untuk membentuk karakter manusia yang tepat
dengan menggunakan pendekatan budaya.
PENGERTIAN KEBUDAYAAN MENURUT TOKOH-TOKOH
Kebudayaan
Menurut Ahli Luar Negri:
a.
Nostrand (1989: 51)
Mendefinisikan
budaya sebagai sikap dan kepercayaan, cara berpikir, berperilaku, dan
mengingat bersama oleh anggota komunitas tersebut.
b.
Richard brisling (1990: 11)
Kebudayaan sebagai
mengacu pada cita-cita bersama secara luas,
nilai, pembentukan dan penggunaan kategori, asumsi tentang kehidupan, dankegiatan
goal-directed yang menjadi sadar tidak sadar diterima sebagai"benar"
dan "benar" oleh orang-orang yang mengidentifikasi diri merekasebagai
anggota masyarakat.
c.
Croydon (1973: 4)
Budaya adalah
suatu sistem pola terpadu, yang sebagian besar berada
di bawah ambang batas kesadaran, namun semua yang mengatur perilakumanusia
sepasti senar dimanipulasi dari kontrol boneka gerakannya.
d.
Larson dan Smalley (1972: 39)
Kebudayaan sebagai
"blue print" yang memandu perilaku orang dalamsuatu komunitas dan
diinkubasi dalam kehidupan keluarga. Ini
mengatur perilaku kita dalam kelompok, membuat kita peka terhadapmasalah
status, dan membantu kita mengetahui apa tanggung jawab kitaadalah untuk grup.
budaya yang berbeda struktur yang mendasari yangmembuat bulat bulat masyarakat
dan komunitas persegi persegi.
e.
Ralph Linton (1945: 30)
Kebudayaan adalah
seluruh cara kehidupan Dari Masyarakat Yang manapundan regular tidak Hanya
mengenai sebagian Dari cara Hidup Name of ITUyaitu Masyarakat Yang dianggap
lebih diinginkan Dibuat Tinggi atau lebih.
Kebudayaan
Menurut Ahli Dalam Negri
a.
Prof.Dr.Koentjoroningrat (1985: 180)
Kebudayaan adalah
keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasilkarya manusia dalam rangka
kehidupan masyarakat yang dijadikan milik darimanusia dengan belajar.
b.
Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan berarti
buah budi manusia adalah hasil perjuanganmanusia terhadap dua pengaruh kuat,
yakni zaman dan alam yang
merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dankesukaran
didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatandan kebahagiaan yang
pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
c.
Arkeolog R. Seokmono
Kebudayaan adalah
seluruh hasil usaha manusia, baik berupa bendaataupun hanya berupa buah pikiran
dan dalam penghidupan.
d.
Effat al-Syarqawi
yang
mengartikan kebudayaan sebagai khazanah sejarah
suatu bangsa/masyarakat yang tercermin dalam pengakuan/kesaksiannya dan nilai-nilainya,
yaitu kesaksian dan nilai-nilai yang menggariskan bagi kehidupansuatu tujuan
ideal dan makna rohaniah yang dalam, bebas dari kontradiksiruang dan waktu
e.
Parsudi Suparlan
Kebudayaan
didefinisikan sebagai keseluruhan pengetahuan manusiasebagai makhluk sosial
yang digunakannya untuk memahami danmenginterprestasikan lingkungan dan
pengalamanya, serta menjadi landasan bagi tingkah-lakunya
7 UNSUR KEBUDAYAAN
Koentjaraningrat (1985)
menyebutkan ada tujuh unsur-unsur kebudayaan. Iamenyebutnya sebagai isi pokok
kebudayaan. Ketujuh unsur kebudayaan universaltersebut adalah :
a. 1. Sistem Religi.Merupakan
hal-hal yang berbau agama.Dalam hal ini bisa dibilang budaya yangmistis.Seperti
animisme,Dinamisme,dsb.Biasanya terdapat bacaan-bacaan dan jugaritual-ritual
dalam pelaksanaan system kepercayaan ini. Kepercayaan manusiaterhadap adanya
Sang Maha Pencipta yang muncul karena kesadaran bahwa ada zatyang lebih dan
Maha Kuasa
b. 2. Sistem Organisasi
MasyarakatSistem yang muncul karena kesadaran manusia bahwa meskipun
diciptakansebagai makhluk yang paling sempurna namun tetap memiliki kelemahan
dankelebihan masing
masing antar
individu sehingga timbul rasa utuk berorganisasidan bersatu.
c. 3. Sitem PengetahuanSistem
yang terlahir karena setiap manusia memiliki akal dan pikiran
yang berbeda sehingga memunculkan dan mendapatkan sesuatu yang berbeda pula,sehingga
perlu disampaikan agar yang lain juga mengerti.
d. 4. Sistem Mata Pencaharian
Hidup dan Sistem
Sistem EkonomiTerlahir karena manusia memiliki
hawa nafsu dan keinginan yang tidakterbatas dan selalu ingin lebih.
Terlahir karena manusia memiliki hawa nafsu
dankeinginan yang tidak terbatas dan selalu ingin lebih sehingga budaya menjadi
dimanfaatkanuntuk hal tersebut.
e. 5. Sistem Teknologi dan
PeralatanSistem yang timbul karena manusia mampu menciptakan barang dan sesuatu yang baru agar dapat memenuhi
kebutuhan hidup dan membedakan manusia dengan makhluk hidup yang lain. Dengan
budaya yang berkembang,sehinggatimbulnya peralatan-peralatan baru yang bisa
digunakan sebagai pelengkap dan jugasebagai keindahan tersendiri.
f. 6. Bahasa Sesuatu yang
berawal dari hanya sebuah kode, tulisan hingga berubah sebagailisan untuk
mempermudah komunikasi antar sesama manusia. Bahkan sudah ada bahasa yang
dijadikan bahasa universal seperti bahasa Inggris.
g. 7. KesenianSetelah memenuhi
kebutuhan fisik manusia juga memerlukan sesuatu yang dapatmemenuhi kebutuhan
psikis mereka sehingga lahirlah kesenian yang dapatmemuaskan.
Dan
berikut 7 unsur dari kebudayaan universal.
7 unsur kebudayaan universal
Unsur
kebudayaan universal dapat diartikan sebagai pemahaman yanglebih jelas
mengenai kebudayaan secara keseluruhan. Karena pembahasantentang
kebudayaan sangat kompleks dan luas. Sehingga terdapat 7 unsurkebudayaan untuk
lebih memudahkan kita memahami kebudayaan.Koentjaraningar menerangkan
bahwa terdapat unsur-unsur kebudayaanuniversal seperti berikut:
1. Sistem Upacara Keagamaan
Setiap kebudayaan terdapat kepercayaan yang
dianut. Kepercayaan yang dianutdi Indonesia ada 5, yaitu Islam, Kristen
protestan, Katolik, Hindu dan Budha. Darikelima agama tersebut terdapat upacara
keagamaan yang berbeda-beda. Akantetapi untuk masyarakat yang tinggal
dikota upacara keagamaan sepertinyasudah tidak dilaksanakan lagi kecuali
dalam hal-hal tertentu saja. Sedangkanmasyarakat yang tinggal didesa masih
banyak yang melaksanakan upacarakeagamaan tersebut.
2.
Sistem dan Organisasi Kemasyarakatan
Kebudayaan di Indonesia beragam sangat
banyak. Terdapat masyarakat Jawa,Sunda, Batak, Bugis dsb. Dari
macam-macam kebudayaan tersebut, perluditanamkan nilai-nilai kemanusiaan yaitu
membiasakan bergaul dengankebudayaan yang lain. Dan saling berinteraksi
dengan rukun. Di Indonesiabanyak terdapat kebudayaan yang harus di lestarikan
bersama. Jangan kitasaling bersaing untuk kepentingan pribadi dengan kebudayaan
lain, karena itusama saja kita memecahbelahkan kebudayaan yang
sudah ditanam oleh leluhursebelumnya.
3. Bahasa
Kebudayaan yang beragam sangat berpengaruh
pada bahasa yang dipakainya.Contohnya bahasa Inggris, Jerman, Italia,
Sunda, Jawa, dsb. Dari banyak bahasatersebut kita dapat mempelajarinya
untuk pengetahuan yang lebih luas. Tidakhanya bahasa yang dipelajari
berasal dari bahas luar negri saja, tetapi bahasadari negri Indonesiapun perlu
kita pelajari untuk melestarikan kebudayaan yangada di Indonesia.
4. Sistem Pengetahuan
Ada banyak sistem pengetahuan misalnya
pertanian, perbintangan,perdagangan/bisnis,
hukum dan perundang-undangan, pemerintahaan/politikdsb. Hal tersebut
juga bagian dari kebudayaan. Kita wajib mempelajarinyakarena dengan
adanya sistem pengetahuan kita menjadi tahu dunia luar dansangat bermanfaat
untuk kehidupan karena berpengaruh pada pekerjaanseseorang untuk memenuhi
kebutuhan hidupnya. Tidak perlu semua kita pelajaricukup beberapa saja
kita kuasai, maka akan banyak informasi yang kita dapat.
5. Kesenian
Salah satu ciri khas dari kebudayaan adalah
kesenian. Banyak hal yang bisa kitapelajari mengenai kesenian. Misalnya
seni sastra, lukis, musik, tari, drama, kriadan lain sebagainya. Hal
tersebut bagian dari khas yang dimiliki setiap daerahmaupun setiap negara.
Misalnya untuk kesenian musik. Kita bisa mengetahuidan mencari musik yang
khas dari setiap daerah maupun negara. Contohnyalagu-lagu daerah ampar-ampar
pisang yang berasal dari Kalimantan Selatanyang menjadi ciri khas dari daerah
tersebut.
6. Sistem Mata Pencaharian Hidup
Mata pencaharian sangat diperlukan untuk
setiap masyarakat karenabermanfaat untuk memenuhi kehidupan manusia.
Misalnya kaumpegawai/karyawan, kaum, petani, nelayan, pedangan. buruh dan
seterusnya. Haltersebut merupakan mata pencaharian yang harus kita tekuni.
Contohnyamasyarakat yang hidup dipesisir pantai lebih banyak bermata
pencahariansebagai nelayan atau masyarakat yang hidup di perkotaan lebih banyak
bermatapencaharian sebagai pegawai kantoran.
7.
Sistem Teknologi dan Peralatan
Teknologi semakin lama semakin luas. Karena makin banyaknya masyarakatyang
hidup modern. Teknologi sangat diperlukan akan tetapi tidak untukmelakukan
perbuatan yang melanggar norma-norma yang berlaku. Sekarang banyak yang menyalah gunakan alat teknologi
khususnya internet. Tidak sedikitmasyarakat yang tertipu atau melakukan perbuatan
asusila dengan internet. Haltersebut harus kita perhatikan. Jangan sampai kebudayaan
kita menjadi minus dimata negara lain. contoh lainnya dari sistem teknologi dan
peralatan adalahperalatan kantor, rumah tangga, pertanian, nelayan, tukang
kayu, peralatanibadah dan sebagainya lagi.Unsur kebudayaan secara universal
sangat beragam. Kita bisa pelajari denganbaik maka akan dapat banyak
sekali pengetahuan yang sangat bermanfaat.
sumber refrensi:
untuk kritik dan saran bisa komentar di bawah :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar